Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengambalikan File .CHK di Flashdisk/PC


    Beberapa hari yang lalu, saya bertemu teman lama yang mengeluhkan flashdisknya terkena virus. Saya coba mengeceknya dan tidak ada virus sama sekali. Setelah mendapat informasi dari teman saya, sebagian besar filenya hilang secara tiba tiba dikarenakan pada saat membuat pekerjaan kantor di Microsoft Excel tiba tiba aplikasinya Not Responding dan setelah itu force close. Sayapun berpikir kenapa komputer not responding bisa menghilangkan sebagian besar file ? Saya sempat berfikir komputer teman saya terinfeksi virus tiba tiba dan antivirusnya menghapus file yang terinfeksi secara langsung.

    Disaat yang sama saya penasaran dengan folder yang bernama "FOUND.000" di flashdisknya. di dalam folder tersebut ada file yang ber ekstensi ".CHK". Dan anehnya juga jika sebagian besar filenya terhapus karena virus atau hilang, space flashdisknya pun akan berkurang, dan ini tidak berkurang sama sekali. Akhirnya saya browsing di google tentang folder "FOUND.000".

    "CHK ini merupakan fragmen data yang rusak yang diakibatkan ketika saat mengerjakan sesuatu tiba tiba komputer kehilangan daya atau saat kalian sedang menghapus file yang kalian sedang kalian gunakan pada saat yang bersamaan"

    Mungkin agak ribet penjelasannya dan saya tidak terlalu mengerti tapi ini yang saya temukan di google. Menurut persepsi saya ini adalah file recovery yang dibuat system pada saat komputer kehilangan daya atau terjadi error yang tidak diketahui.

Cara Recovery File CHK
Setelah saya mencoba beberapa aplikasi saya tidak menemukan yang manjur untuk mengubahnya. Setelah pencarian panjang saya akhirnya menemukan aplikasi "de-chk". Berikut langkah langkahnya.
1. Buka aplikasi "de-chk" dengan "Run As Administrator " 
2. Akan muncul tampilan seperti ini, Untuk mengubah bahasa silahkan klik lambang bendera.

    3.Seperti biasa pilih directory file chk sesuai folder dan outputnya, Lalu klik GO
4. Setelah selesai inilah hasilnya, kelemahan dari file chk ini adalah saat di recover file ini tidak akan memunculkan nama asli dari file tersebut. Jadi kalian harus mengecek satu satu dari semua file yang bertipe chk.

    5. Semoga Bermanfaat.

LINK DOWNLOAD

Mungkin itu cara yang mudah yang bisa saya berikan untuk mengubah file chk kembali seperti semula. Jika kalian memiliki cara yang lebih mudah silahkan berbagi informasi di kolom komentar. Terima kasih

Posting Komentar

1 Komentar